Kenapa Ayam Tidak Termasuk Hewan Kurban

Jawaban dari pertanyaan diatas akan kami bagi atas 3 (tiga) penjelasan:

1. Pertama, para ulama sepakat bahwa hewan yang sah untuk dikurbankan adalah unta, sapi, kerbau, kambing dan domba. Baik jantan maupun betina. Tidak ditemukan keterangan atau dalil yang diriwayatkan baik dari Rasulullah atau para sahabat ra yang berkurban dengan selain binatang tersebut.

2. Kedua, keterbatasan kita manusia untuk mengetahui hakikat dibalik segala sesuatu. Keterbatasan itu tidak lantas membuat kita tidak mematuhi atau melaksanakan. Disinilah dibutuhkan ketundukan, kepatuhan dan iman seseorang. Jangankan yang berkenaan dengan syariat, yang berkenaan dengan diri kita sendiri masih banyak hakikat yang tidak kita ketahui.

3. Ketiga, kalau kita melihat kepada hikmah dan semangat dari syariat kurban diantaranya, yaitu menumbuhkan semangat berbagi dan syukur atas nikmat Allah, maka kalau berkurban dengan seekor ayam bagaimana semangat itu akan ditumbuhkan. Jelas daging ayam hanya bisa dikonsumsi oleh beberapa orang sedangkan daging kambing atau sapi dapat dikonsumsi lebih banyak orang. Kemudian harganya yang murah dan setiap hari orang bisa mengkonsumsi daging ayam, maka nilai ujiannya rendah. Berbeda dengan kambing atau sapi dimana seseorang diuji untuk mengeluarkan sejumlah uang yang nominalnya jauh lebih besar daripada membeli seekor ayam.

Sumber : H.M.Rahmatullah,Lc.,MA

Posting Komentar

0 Komentar