10 Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas

Tidur memang merupakan sebuah rutinitas kehidupan sehari-hari untuk menghilangkan rasa penat dan letih. Dr. Shah Nawaz Khan, dalam jurnalnya " The Review of Religions " mengemukakan bahwa tidur adalah istirahat yang bertujuan untuk memperbaiki jaringan sel hidup setelah melakukan aktifitas. "Selama kita tidur, tubuh mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru dan limbah serta uap kotor yang terjadi pun dibuang, " terangnya.

Tidur yang berkualitas bisa menjadi sumber kesegaran, tenaga, kebugaran dan vitalitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya. Karena itu, kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak bagi anda. Sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olah raga. Tapi tahukah anda, alih-alih ingin membuat bugar tubuh, tidur justru bisa membuat anda jauh dari rasa bugar jika tidak dilakukan secara baik. Lalu, bagaimana tidur yang sehat dan baik? Ada 10 langkah yang patut anda pertimbangkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut ke-10 langkah tersebut:

  • Tidurlah dalam keadaan ruang yang tidak terang benderang. Ruangan gelap malah lebih baik. Karena sejumlah penelitian menemukan fakta bahwa otak lebih mudah mempersiapkan tubuh untuk tidur secara baik di ruangan gelap.
  • Buatlah suhu di ruangan tidur anda sejuk.
  • Perlengkapan tidur harus dalam kondisi bersih.
  • Atur waktu tidur secara konsisten. Hal ini berkaitan dengan jam biologis manusia dalam melacak dan mencatat pola tidur anda. Jika tubuh anda punya pola tidur yang teratur, maka otak secara otomatis akan mengirim sinyal ke tubuh untuk rileks dan pergi tidur. Tubuh pun secara otomatis akan bangun ketika sudah cukup mendapatkan istirahat. Dengan kata lain, pola tidur yang sehat adalah didasarkan pada kualitasnya bukan kuantitas.
  • Jangan gunakan atau mengonsumsi kafein dan nikotin di malam hari. Pasalnya, kafein adalah stimulan yang mengaktifkan otak, sedangkan nikotin mempercepat metabolisme. Jika keduanya dikonsumsi di malam hari akan membuat tubuh anda tetap energik padahal pada saat itu justru anda ingin beristirahat.
  • Hindari mandi air hangat atau berolahraga berat menjelang tidur. Karena untuk dapat tidur dengan baik, suhu tubuh harus turun. Jika temperature suhu anda tinggi akan membuat anda lebih sering terjaga. Idealnya, olahraga dilakukan 4-6 jam sebelum pergi tidur.
  • Menjelang waktu tidur, jaga perut anda agar tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar. Hindari kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Lebih baik makanlah buah-buahan rendah kalori seperti pisang atau apel.

  • Jangan kenakan jam tangan saat tidur. Karena dapat memancarkan radioaktif dalam kadar tertentu. Meskipun tergolong kecil, jika anda memakai arloji sambil tidur dalam waktu lama, bisa saja ini menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Selain arloji, para ilmuwan menemukan fakta bahwa perangkat elektrik, termasuk handphone dan televisi dapat memancarkan gelombang magnetik ketika digunakan. Gelombang ini dapat menganggu sistem saraf kita. Itu sebabnya biarkan ponsel jauh dari kita di malam hari atau matikan saja.
  • Tentukan posisi tidur yang baik. Sejumlah riset menilai posisi tidur terbaik menurut sains adalah menghadap ke kanan. Dalam posisi tidur diusahakan agar kepala menghadap ke utara dan kaki mengarah ke selatan, sehingga tubuh tidak menolak arus atau medan magnet konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik utara menuju ke selatan dan 'terhubung' lancar ke sistem syaraf.
  • Hindari tidur dengan posisi miring ke kiri, karena secara tidak langsung memberi tekanan pada jantung anda . Karena posisi jantung anda ada pada rongga dada sebelah kiri, dan berat badan anda secara ekstra akan bertumpu pada sisi sebelah kiri, sedangkan jantung harus terus memompa darah seperti biasanya. Beban tambahan ini dapat merusak jantung.
Sumber : Majalah Men's Obsession Edisi Oktober 2010

Posting Komentar

0 Komentar