Bagaimana Cara Menggunakan Google Adwords Tampilan Terbaru

Saya ingin berbagi informasi tentang bagaimana cara menggunakan Google Adwords dengan tampilan terbaru. Awalnya saya berpikiran kalo fasilitas Google Adwords yang biasa saya gunakan tidak akan lagi menghiasi tahapan awal saat ingin mencari ide kata kunci. Karena perubahannya memang jauh sekali dibanding tampilan lama yang sangat mudah digunakan.

Setelah beberapa kali saya mencoba, akhirnya saya menemukan cara yang mudah untuk kembali menggunakan fasilitas dari Google Adwords. Berikut hasil printscreen saya dari awal mendaftar sampai pada langkah akhir saat men-download hasil ide kata kunci yang diberikan oleh Google Adwords.


  • Langkah Ke-1
Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan alamat www.RisetInternet.com yang memang sengaja di re-direct oleh guru sekaligus sahabat saya seorang pakar seo Indonesia yang bernama Ali Akbar untuk bisa masuk ke halaman Google Adwords, maka anda akan masuk ke halaman seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Tidak usah bingung, close saja kotak Security Check yang terdapat pada bagian tengah. Lalu langkah selanjutnya, klik Sign In seperti yang ditunjukkan oleh lambang panah putih pada gambar. Lalu anda akan dibawa masuk kehalaman seperti yang terlihat pada gambar dibawah.



  • Langkah Ke-2
Pada pembahasan awal saya lupa memberitahukan kalo untuk bisa masuk ke halaman Google Adwords anda harus memiliki email dari Gmail. Jika anda sudah memilikinya, silahkan masukan alamat email anda berikut password untuk mendaftar. Setelah itu, lalu anda akan dibawa masuk ke halaman seperti yang terilhat pada gambar dibawah




  • Langkah Ke-3
Pada langkah ke-3 tidaklah terlalu sulit. Isi saja kolom Time zone country or territory dengan negara Indonesia. Dan kolom berikut adalah Time Zone yang akan anda isi dengan waktu dimana anda tinggal. Untuk kolom yang ketiga otomatis sudah terisi dengan pilihan Indonesian Rupiah (IDR Rp). Biarkan saja seperti itu, tidak usah dirubah. Langkah selanjutnya lalu perhatikan gambar dibawah ini.



Jika tampilah halaman sudah seperti pada gambar diatas, langkah selanjutnya silahkan anda klik Continue yang terdapat pada bagian yang berwarna hijau.



  • Langkah Ke-4
Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke halaman seperti yang terlihat pada gambar diatas, fokuskan saja penglihatan anda pada kalimat Sign in to your AdWords account yang sudah saya beri kotak hitam. Jika sudah ketemu, klik saja




Jika anda sudah masuk ke halaman seperti yang terlihat pada gambar diatas, berarti anda sudah siap untuk melakukan riset kata kunci. Lupakan tampilan yang lama dan mulailah terbiasa dengan tampilan terbaru.



  • Langkah Ke-5
Abaikan saja bagian lain pada halaman ini dan fokus pada bagian yang saya beri kotak hitam. Untuk kotak hitam yang paling atas adalah tempat untuk anda menulis ide kata kunci yang ingin anda ketahui. Misal, saya menuliskan kalimat Aqiqah karena saya ingin mengetahui apa yang orang cari seputar Aqiqah di Google.

Lalu pada kotak yang kedua, saya yakin anda sudah tidak asing lagi karena sudah terbiasa melakukannya pada tampilan yang lama. Silahkan anda tentukan Negara dan Bahasa yang anda inginkan. Misalnya saya memilih negara Indonesia dan bahasa Indonesia. Anda bebas memilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Pada kotak ketiga yang paling bawah silahkan anda centang kalimat Ideas containing my search terms.


Pada gambar diatas, perhatikan bagian yang saya beri kotak hitam. Ada fitur yang bisa anda tambahkan untuk menambah data seputar ide kata kunci yang anda inginkan. Disini saya hanya menambahkan fitur Local Monthly Searches dan Global Monthly Searches yang saya yakin anda pasti sudah tahu fungsi dari tiap-tiap fitur tersebut. Jika anda ingin menambah fitur lainnya tinggal klik Add another. Dan untuk membuang fitur tersebut tinggal klik Remove saja.

Setelah fitur-fitur tersebut selesai dipilih, langkah selanjutnya adalah klik Search. Maka hasil dari ide kata kunci yang anda inginkan akan keluar seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah ini.



Seperti yang terlihat pada gambar diatas, semua kalimat yang berhubungan dengan Aqiqah akan ditampilkan berdasarkan hasil pencarian terbanyak. Jika urutannya yang ditampilkan belum rapi, silahkan klik Local Monthly Searches atau Global Monthly Searches maka susunan akan rapih berdasarkan urutan.

Lalu, jika anda ingin menyimpan atau men-download hasil dari ide kata kunci yang diberikan oleh Google Adwords, silahkan klik Download. Lalu akan muncul dua pilihan, apakah anda akan men-download semua hasil atau hanya pada kata kunci yang diinginkan saja.



  • Langkah Ke-6
Setelah anda memutuskan untuk men-download semua hasil ide kata kunci, maka anda diberikan beberapa pilihan format data yang nantinya bisa anda lihat dikomputer tanpa harus menggunakan koneksi internet. Terdapat format CSV for Exel, CSV, TSV, XML, Gzipped CSV. Saya tidak akan membahas lebih jauh perihal format-format tersebut. Dan anda bebas untuk memilih dalam bentuk format apapun, tapi kalo saya terbiasa memilih dengan format CSV for Exel. Setelah di download, hasilnya akan berupa zip yang harus anda Extract sehingga menjadi format yang diinginkan.

Sekian review dari saya tentang cara menggunakan Google Adwords dengan tampilan baru. Jika ada yang kurang lengkap, saya mohon maap karena saya me-review sesuai dengan kebutuhan yang biasa saya lakukan pada tampilan lama. Bila anda pelajari sendiri, masih banyak fitur lainnya yang Insya Allah akan membantu kegiatan anda dalam mencari ide-ide seputar bisnis di online.

Namun bila anda puas dengan penjelasan singkat saya, boleh dong saya minta komentar anda seputar review saya ini yang nantinya akan membuat saya lebih terarah dalam memberikan informasi yang berhubungan dengan kegiatan online. Selamat mencoba

















Posting Komentar

0 Komentar